Anak Proyek Wajib Baca! Cara Tepat Pasang Lisplang GRC dengan Baik

Cara Tepat Pasang Lisplang GRC dengan Baik

Sebuah bangunan tidak cukup hanya dengan kata kokoh saja, kerapian menjadi poin yang tak boleh dilewatkan sebab berhubungan dengan unsur estetika dari bangunan itu sendiri. Dalam dunia konstruksi penggunaan lisplang sebagai sentuhan akhir rangka atap sudah menjadi hal biasa. Selain membuat atap menjadi lebih rapi ternyata lisplang juga memiliki fungsi lain.

Cara tepat memasang lisplang 

Lisplang biasanya dipasang pada bagian paling ujung dari rangka atap baik yang menggunakan kayu, hollow, besi, maupun baja ringan. Material yang sering dipilih diantaranya gypsum dan grc​​​​​Kedua bahan ini sama-sama memiliki ketahanan terhadap suhu panas dan air yang baik. Memasang lisplang tidak boleh sembarangan, ada kiat-kiat khusus yang wajib anda ikuti.

Ada 2 cara pemasangan lisplang grc yaitu secara vertikal dan diagonal. Cara yang lebih sederhana lebih merujuk pada teknik vertikal dan biasanya digunakan untuk bangunan sederhana, sedangkan diagonal pemandangannya jauh lebih rumit dan digunakan untuk bangunan unik dan khusus. Berikut penjelasan lengkapnya.

Teknik pasang lisplang vertikal

Cara pasang secara vertikal dianggap jauh lebih murah dan cepat, biasanya sering digunakan untuk proyek-proyek perumahan. Sayangnya teknik ini memiliki kelemahan yaitu kurang kuat sebab hanya menempel pada reng baja ringan atau kayu dengan satu baris skrup saja.

Bahan :

  1. GRC
  2. Sekrup.

Alat :

  1. Gerinda
  2. Bor listrik.
  3. Meteran.
  4. Pensil tukang.

Cara memasang :

Pertama ukur besar lisplang yang akan dipakai, biasanya memiliki tinggi 20 cm untuk panjangnya sesuai dengan kebutuhan.

Selanjutnya berikan tanda pada bagian yang akan dipotong menggunakan pensil. Lanjut pada proses pemotongan menggunakan gerinda. Bisa juga secara manual tapi hasilnya tidak akan serapi menggunakan alat.

Setelah itu angkat calon lisplang ke atas kemudian tempelkan pada reng baja ringan, pastikan lisplang menutupi seluruh kerangka atap dan plafon bangunan. Kemudian pasang skrup langsung pada tulang Reng menggunakan bor listrik. Sekrup sampai bagian paling ujung dengan jarak antar skrip sekitar 20 cm atau sesuai kebutuhan. Selesai.

Teknik pasang lisplang diagonal

Cara pasang lisplang grc secara diagonal juga banyak diterapkan untuk rumah, namun lebih banyak diterapkan untuk bangunan dengan skala yang lebih besar dan kokoh seperti gedung perkantoran. Sebab biaya pemasangan lebih mahal dan jauh lebih rumit jika dibandingkan yang vertikal.

Cara pemasangannya pertama pasang dulu profil C baja ringan, sebab nantinya profil tersebut menjadi tempat dudukan pemasangan lisplang. Mulai pasang lisplang memanjang mengikuti struktur atap sesuai ukuran yang telah ditentukan. Satukan menggunakan skrup pada bagian atas dan bawahnya mengikuti panjang lisplang sebanyak 2 baris.

Perlu diingat agar lisplang menempel kuat sebaiknya jarak antar sekrup jangan terlalu jauh, cukup 20 cm saja atau kurang dari 50 cm. Sentuhan terakhir dempul seluruh bagian sambungan lisplang agar terlihat rapi dan lebih kuat. Setelah itu finishing dengan cat favorit. Cara kedua ini terkenal lebih kuat sebab menggunakan 2 skrup sebagai pengunci utamanya, namun biaya yang perlu anda keluarkan jauh lebih banyak dan waktu pemasangannya sedikit lebih lama dari cara pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *