Penyebab Colokan Listrik Meleleh atau Terbakar

Penyebab Colokan Listrik Meleleh

Hindari Colokan Listrik Meleleh dan Terbakar 

Colokan listrik merupakan salah satu alat yang sudah biasanya ditemui dan digunakan baik itu diperkantoran hingga skala perumahan. Fungsinya yang fleksibel ditambah dengan harga yang murah dipasaran menjadikan alat yang satu ini primadona dan pasti ada setiap kebutuhan terutama yang berhubungan dengan listrik. Bahkan, untuk skala perumahan saja jenis alat ini bisa ditemukan 1 atau 2 jenis didalam rumah dan terkadang bisa lebih jika “penghuni rumah” memiliki aktivitas yang padat seperti penggunaan televisi, setrika, kulkas, mesin cuci, ac, hingga pengisian baterai ponsel.

Namun, dalam hal ini bukan skala penggunaannya yang diperhatikan namun hal lainnya yang dapat ditimbulkan dari alat yang satu ini. Jika anda pernah mendengar ada kasus kebakaran hanya karena bermula dari colokan  yang meleleh hingga terbakar maka hal itu benar terjadi. Loh, kenapa itu bisa terjadi? bukankah jenis colokan seperti ini aman untuk digunakan? Ya, itu bisa saja terjadi sekalipun colokan yang anda gunakan sangat aman untuk digunakan maka dari itu penting untuk menghindari kasus-kasus colokan listrik yang meleleh apalagi hingga terbakar.

Penyebab Colokan Listrik Mudah Meleleh dan Terbakar

Siapa bilang menggunakan colokan listrik itu salah dan berbahaya? Sebenarnya tidak jika anda memperhatikan aspek-aspek keamanannya. Nah, berikut ini terdapat beberapa penyebab pasti yang dapat mengakibatkan colokan kesayangan anda suatu saat meleleh atau terbakar!

  1. Penggunaan yang over kapasitas, ini dia yang sering sekali dijumpai dilapangan jika terdapat kasus colokan meleleh dan terbakar. Bayangkan saja setiap colokan itu memiliki kapasitas tertentu yang bisa ditampung dan jika anda tidak memperhatikan hal berikut maka bisa berakibat fatal. Misalnya dalam 1 colokan dengan 4 lubang anda gunakan untuk 4 jenis alat elektronik kapasitas besar seperti televisi, kulkas, mesin cuci, atau ac maka bisa berpotensi terjadi over kapasitas yang menyebabkan colokan tidak dapat menampung daya listrik sehingga efeknya adalah meleleh dan terbakar. Boleh saja anda menggunakan semua lubang colokan sekaligus namun perhatikan juga kapasitas terutama watt tiap barang elektronik tersebut.
  2. Kurang memperhatikan pemasangan kabel, pernah melihat teman anda atau bahkan keluarga anda memasang kabel yang kurang pas pada colokan walaupun itu untuk sekedar pengisian baterai ponsel saja? Jika pernah maka segera tegur mereka. Kabel yang tidak terpasang dengan benar apalagi dalam jangkan waktu yang lama maka dapat berpotensi menyebabkan arus pendek listrik, nah jika ini sudah terjadi maka bukan hal mustahil kejadian seperti kebakaran akan bermula hanya karena hak sepele seperti ini.
  3. Kualitas colokan ltidak SNI atau kurang baik, sebaiknya belilah colokan tersebut di toko listrik atau penjual terpercaya dan pastikan paling tidak colokan tersebut sudah SNI (Standar Nasional Indonesia) sehingga anda bisa terhindar dari jenis barang yang kualitasnya tidak baik. Ingat anda akan menghubungan barang elekstronik dengan arus listrik maka sebaiknya perhatikan hal ini dengan sebaik-baiknya, banyak kasus colokan meleleh dan terbakar hanya karena hal sepele. Jangan tergiur dengan harga colokan listrik murah sehingga anda mengabaikan aspek keamanan jangka panjang, karena saat ini banyak jenis colokan yang beredar dipasaran tidak berstandar SNI dan parahnya kualitasnya kurang baik.

Nah, jika anda sudah memperhatikan beberapa penyebab colokan listrik meleleh dan terbakar diatas maka seharusnya anda bisa menghindari dengan pasti bahaya-bahaya yang mungkin saja ditimbulkan dikemudian harinya.

 

Dapatkan colokan listrik terbaik dengan harga murah hanya di temtera.com!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *