Yu Intip Tips Melepaskan Wallpaper dengan Mudah

Rumah dengan dekorasi indah sekaligus nyaman untuk tinggal merupakan hal lumrah yang diinginkan oleh setiap orang. Mulai dari mengecat dinding rumah, memajang lukisan, membuat kaligrafi, dan yang terakhir yaitu menempel dinding dengan wallpaper. Opsi yang terakhir bisa dibilang merupakan yang paling banyak diterapkan oleh orang-orang saat ini, khususnya oleh mereka yang tinggal di perkotaan. Selain cara memasangnya yang relatif mudah, biayanya pun juga terjangkau. Karena minat masyarakat yang semakin membludak, akhirnya sekarang ini banyak melihat toko yang memasang iklan harga wallpaper dinding murah demi meraup banyak keuntungan. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa ada juga kasus, tatkala seseorang memasang wallpaper dalam jangka waktu tertentu, ia bosan dan ingin langsung mengganti dekorasi tempelannya tersebut. Misalnya saja sekarang kita melihat fenomena booming-nya K-Pop, antusiasme masyarakat khususnya milenial akhirnya beralih ke dunia ke-koreaan. Karena itulah saat ini banyak penjual yang menyediakan wallpaper dengan tema korea. Nah melihat dari kasus barusan, kali ini kami akan membagikan beberapa tips tentang bagaimana cara melepaskan wallpaper lama, dan tentunya tanpa merusak cat dinding.

Tips Melepaskan Wallpaper dengan Mudah

Tips Melepaskan Wallpaper

Source via: privet.biggprest.net

Wallpaper korea yang terpasang pada dinding memang cukup sulit untuk dilepaskan, salah satu faktornya adalah lamanya waktu kertas tersebut menempel serta aplikasi atau bahan yang digunakan untuk menempelkan wallpaper. Bila kamu termasuk orang yang mudah merasa bosan dengan wallpaper yang itu-itu saja maka wajib tahu cara untuk melepas wallpaper dengan baik dan mudah. Sebab dengan begitu kamu bisa mengganti wallpaper kapan pun, berikut ini informasinya.

1. Panaskan Terlebih Dahulu Permukaan Wallpaper 

Kita mengetahui bahwa tingkat kesulitan untuk melepaskan sebuah wallpaper tergantung dari berapa lama dan bagaimana kualitas lem yang digunakan untuk wallpaper tersebut. Oleh karenanya untuk mengantisipasi kedua kemungkinan tersebut, kamu perlu memanaskan terlebih dahulu atau menaikkan suhu pada permukaan wallpaper. Cara ini akan sangat memudahkan kamu untuk melepaskan wallpaper tanpa merusak cat pada dinding. Karena dengan memanaskan permukaannya, perekat atau lem yang berada di antara wallpaper dan dinding akan melonggar.

2. Melepaskan dari Bagian Sudut atau Ujung Wallpaper

Teknik ini bisa kamu gunakan untuk melepaskan wallpaper yang belum lama dipasang, atau karena kamu malas memanaskan permukaan wallpaper terlebih dahulu. Apalagi sering terjadi kasus wallpaper yang rusak atau robek di tengah ketika ditempel, maka saat itu kamu tidak perlu mengambil hairdryer, akan tetapi cukup dicabut saja mulai dari ujung atau sudut wallpaper kamu.

3. Gunakan Campuran Cuka Apel dan Air, lalu Semprotkan

Alternatif lain yang bisa kamu coba yaitu dengan membeli 1 botol cuka apel, dicampur dengan air secukupnya, kocok hingga rata, lalu semprotkan pada wallpaper.  Setelah melalui proses tadi, tunggu beberapa saat hingga terjadi reaksi antara sifat asam cuka apel dan perekat wallpaper. Campuran cuka apel dan alkohol diketahui memilik khasiat untuk memecah lem atau perekat pada wallpaper. 

4. Menggunakan Wallpaper Steamer 

Cara terakhir yang bisa kamu coba yaitu dengan menggunakan alat penguap khusus untuk wallpaper. Cara ini merupakan tips bagi kamu yang benar-benar ingin melepaskan wallpaper di rumah secara keseluruhan, cepat, dan terjamin tidak akan banyak bekas perekat yang menempel di dinding.  Kamu bisa membeli alat ini langsung (dengan pertimbangan harganya yang cukup terjangkau), selain itu mungkin kamu bisa memikirkan cara lain; seperti meminjam atau menyewa alat ini kepada teman, mengingat bahwa alat ini hanya akan digunakan sekali saja.

Itulah tadi tips mengenai cara melepaskan wallpaper dengan mudah dan tentunya tanpa merusak dinding rumah, tidak meninggalkan bekas yang dapat mengganggu pemandangan di dalam rumah ataupun akan membuat kamu kesulitan untuk memasang wallpaper korea baru (misalnya). Juga diharapkan untuk mengaplikasikan tips-tips di atas dengan cermat, khususnya pada wallpaper steamer, yang apabila penggunaannya salah maka akan membuat cat dinding menjadi rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *